Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Ketika Anak Bertanya, Siapa ITU ALLAH? -Info & Tips Keluarga

Ketika Anak Bertanya, Siapa ITU ALLAH? -Info & Tips Keluarga

(2083x Dibaca) January 12, 2018 6:25 pm | Published by | 1 Comment

nama-bayi-perempuanAnak-anak khusus usia 1-5 tahun menjalani hidup mereka dengan sebuah potensi menakjubkan dalam hal perkembangan motorik yaitu rasa ingin tahu yang besar. Seiring dengan waktu, potensi ini terus berkembang (Mudah-mudahan potensi ini tidak berakhir ketika dewasa dan malah berubah menjadi pribadi-pribadi “tak mau tahu” alias ignoran, hehehe). Nah, momen paling krusial yang akan dihadapi para orang tua adalah ketika anak bertanya tentang ALLAH . Berhati-hatilah dalam memberikan jawaban atas pertanyaan maha penting ini. Salah sedikit saja, bisa berarti kita menanam benih kesyirikan dalam diri buah hati kita. Nauzubillahi min zalik, ya…

Trus sebagai orang tua, paman, tante, kakek, nenek, ataupun kakak, kita sebaiknya jawab apa?

Ustad al Habsyi dalam sebuah acara pencarian bakat yang tayang khusus di bulan ramadhan di salah satu stasiun tv, sempat membahas soal ini.

Diceritakan bahwa seorang ibu melalui twitternya, berulang-ulang menanyakan hal ini,

maka ustad pun menjawab : Silahkan simak surah Al’ Ikhlas.

Mari kita simak bersama-sama arti dari ayat-ayat surah Al-Ikhlas :

ayat pertama :
“Katakanlah, Dialah Allah Yang Maha Esa”.

Diriwayatkan bahwa orang-orang musyrik mengutus Amir bin Tufail kepada Nabi Muhammad SAW, menyampaikan amanah mereka kepada Nabi, ia berkata: “Engkau telah memecahbelahkan keutuhan kami, memaki-maki “tuhan” kami, berubah agama nenek moyangmu. Jika engkau miskin dan mau kaya kami berikan engkau harta dan jika engkau gila akan kami obati. Jika engkau wanita cantik akan kami kawinkan engkau dengannya”. Rasulullah SAW menjawab:

“Aku tidak miskin, tidak gila, tidak ingin kepada wanita. Aku adalah Rasul Allah, mengajak kamu meninggalkan penyembahan berhala dan mulai menyembah Allah Yang Maha Esa”, kemudian mereka mengutus utusannya yang kedua kalinya dan bertanya kepada Rasulullah. Terangkanlah kepada kami macam Tuhan yang engkau sembah itu. Apakah Dia dari emas atau perak?”, lalu Allah menurunkan surah ini. (HR. Dahhak)٢

Ayat Kedua :

“Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu”
Dijelaskan bahwa hanya kepada Allah tempat meminta dan memohon.

Ayat Ketiga :

“Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan”
Dalam ayat ini Allah menegaskan bahwa Maha Suci Dia dari mempunyai anak. Ayat ini juga menentang dakwaan orang-orang musyrik Arab yang mengatakan bahwa malaikat-malaikat adalah anak-anak perempuan Allah dan dakwaan orang Nasrani bahwa Isa anak laki-laki Allah.
Dalam ayat lain yang sama artinya Allah berfirman:

فاستفتهم ألربك البنات ولهم البنون أم خلقنا الملائكة إناثا وهم شاهدون ألا إنهم من إفكهم ليقولون ولد الله وإنهم لكاذبون

Artinya:
Tanyakanlah (ya Muhammad) kepada mereka (orang-orang kafir Mekah) “Apakah untuk Tuhanmu anak-anak perempuan dan untuk mereka anak-anak laki-laki, atau apakah Kami menciptakan malaikat-malaikat berupa perempuan dan mereka menyaksikan (nya)? Ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka dengan kebohongannya benar-benar mengatakan: “Allah beranak”. Dan sesungguhnya mereka benar-benar orang yang berdusta. (Q.S. As Saffat: 149-152).
Dan Dia tidak beranak, tidak pula diperanakkan. Dengan demikian Dia tidak sama dengan makhluk lainnya, Dia berada tidak didahului oleh tidak ada. Maha suci Allah dari apa yang tersebut. Ibnu ‘Abbas berkata: “Dia tidak beranak sebagaimana Maryam melahirkan Isa A.S. dan tidak pula diperanakkan. Ini adalah bantahan terhadap orang-orang Nasrani yang mengatakan Isa Al Masih adalah anak Allah dan bantahan terhadap orang-orang Yahudi yang mengatakan Uzair adalah anak Allah.

Ayat ke 4 :

“Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”

Dalam ayat ini Allah menjelaskan lagi bahwa tidak ada yang setara dan sebanding dengan Dia dalam zat, Sifat dan perbuatan-Nya. Ini adalah tantangan terhadap orang-orang yang beriktikad bahwa ada yang setara dan menyerupai Allah dalam perbuatannya, sebagaimana pendirian orang-orang musyrik Arab yang menyatakan bahwa malaikat itu adalah sekutu Allah.

Maha Benar Allah Dengan Segala FirmanNya.

Nah, dari ayat-ayat yang terkandung dalam surah Al-Ikhlas berikut hadits di atas tentunya kita bisa mengambil sebuah jawaban yang bijak dan tepat untuk menjawab pertanyaan dari anak dengan segala rasa ingin tahunya yang cukup besar, dan semoga jawaban yang diberikan bisa diterima oleh sang anak. Amin Yaa Rabbal Alamin.

Simak Artikel Lainnya Di : Keluarga

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: | 2083x Dibaca

1 Comment for Ketika Anak Bertanya, Siapa ITU ALLAH? -Info & Tips Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *