Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Kiat Hilangkan Ngantuk Ketika Bekerja Saat Puasa. Tips Wanita & Pria

Kiat Hilangkan Ngantuk Ketika Bekerja Saat Puasa. Tips Wanita & Pria

(1838x Dibaca) December 6, 2017 12:18 pm | Published by | No comment

indexSalah satu hal yang paling sering dialami orang saat berpuasa adalah rasa ngantuk di siang hari. Rasa ngantuk di siang hari tentunya sangat mengganggu, terutama ketika Anda masih bekerja dan tengah berpuasa. Tapi, haruskah produktivitas kerja di bulan Ramadhan menurun lantaran terus-terusan menguap dan menahan kantuk di kantor?
Energi yang terkumpul saat sahur mulai habis dan tubuh pun mulai lelah dengan aktivitas yang dilakukan. Selain itu, ngantuk juga seringkali disebabkan oleh aliran oksigen yang tak lancar pada otak.

Saat ini anda tidak perlu khawatir, rasa ngantuk di siang hari bisa dihalau tanpa harus membatalkan puasa Anda. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ngantuk saar bekerja di bulan puasa:

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa

1. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Mensiasati Perjalanan Pagi

Masa awal Ramadhan biasanya paling berat. Perubahan pola tidur karena harus melaksanakan sahur biasanya membuat bangun pagi terasa menyiksa. Jika perjalanan rumah ke kantor cukup memakan waktu, jika memungkinkan kita bisa manfaatkan perjalanan untuk melanjutkan tidur. Namun, Jika tidak, bisa disiasati dengan datang ke kantor lebih awal. Usahakan tak tidur setelah sahur dan segera bersiap ke kantor. Sampai di kantor, kita punya cukup waktu melanjutkan tidur hingga jam kerja dimulai. Oh ya, jangan lupa pasang alarm agar tak kebablasan, ya! .

2. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Mempergunakan Istirahat Makan Siang

Cobalah untuk memanfaatkan waktu makan siang dengan benar-benar beristirahat. Membalas waktu tidur yang terpotong karena sahur bisa dilakukan saat jam istirahat makan siang ini. Apalagi godaan kantuk biasanya menyerang siang hari.

3. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Menghindari Usah Lembur

Jika biasanya kita menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk dengan menambah jam kerja alias lembur, di bulan puasa sebaiknya kita pulang lebih cepat. Selain agar bisa menikmati berbuka puasa di rumah bersama keluarga, melaksanakan salat tarawih, kita juga punya lebih banyak waktu tidur agar tak terlambat bangun sahur.

4. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Menerapkan Prinsip Bekerja adalah Ibadah

Hal ini pasti sudah diajarkan, setiap amalan baik di bulan puasa akan diganjar pahala. Bahkan tidurnya orang berpuasa diganjar pahala. Jika tidur saja bisa menjadi ladang pahala, bagaimana dengan bekerja? Jadikan prinsip ini sebagai motivasi kita dalam bekerja, terutama untuk melawan rasa kantuk. Anggaplah bekerja sebagai ibadah yang kita jalankan di bulan puasa. Semakin giat bekerja, ladang pahala tentu makin banyak kita dapatkan.

5. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Jalan-jalan

jalan-jalan sebentar di sekitar tempat kerja akan membuat tubuh kembali segar. Jadi, bangun dari kursi Anda dan berjalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan. Hirup udara yang segar, lihatlah taman, pepohonan, atau pemandangan lain yang bisa menyegarkan penglihatan Anda.

Berjalan-jalan juga bisa meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini akan menyingkirkan ngantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Anda. Cobalah berjalan-jalan di luar ruangan selama beberapa menit, dan rasakan manfaatnya.

6. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Mencuci muka

Ketika mengantuk dan tak bisa mengonsumsi makanan apapun untuk meningkatkan energi, tubuh membutuhkan stimulus lain dari luar agar bisa ‘terbangun’. Salah satunya adalah dengan mencuci muka. Ketika Anda merasa wajah mulai kaku karena lelah dan ngantuk, pergilah ke kamar mandi dan cuci muka. Selain mencuci muka, Anda juga bisa memperbaiki penampilan seperti menyisir rambut, memakai make up, atau memijat wajah Anda sendiri. Mencuci muka dan memperbaiki penampilan adakan membuat Anda merasa lebih baik dan tidak mengantuk lagi. Anda pun terlihat lebih segar!

7. Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa dengan Menemukan hal yang lucu

Jika Anda bekerja menggunakan komputer, tak ada salahnya untuk mencari hiburan sesekali ketika merasa sedang sangat ngantuk. Gambar atau hal-hal yang lucu bisa menghalau rasa ngantuk yang Anda rasakan. Jika Anda tak memiliki komputer saat bekerja, Anda bisa bercakap-cakap dengan teman kerja atau mengajak mereka bercanda. Tentunya ini dilakukan tanpa mengganggu pekerjaan yang sedang dilakukan. Terkadang orang merasa ngantuk karena mereka sendirian dan tidak memiliki teman bicara.

Rasa ngantuk di siang hari biasanya bisa diatasi dengan minum kopi. Namun jika sedang puasa, Anda bisa mencoba alternatif-alternatif tadi untuk menghalau ngantuk tanpa harus membatalkan puasa. Selain itu, ngantuk biasanya juga bisa dipicu oleh makanan yang salah saat sahur. Karena itu, sebaiknya perhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan konsumsi makanan yang bisa menyerap energi dengan cepat dan membuat Anda kekurangan energi. Cobalah untuk menerapkan Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja Di Bulan Puasa.

Simak Info Lainnya Di : Keluarga & Khas Wanita

Sumber : Media Informasi Kesehatan dan Tips Kecantikan Wanita Indonesia

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: | 1838x Dibaca

No comment for Kiat Hilangkan Ngantuk Ketika Bekerja Saat Puasa. Tips Wanita & Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *