Menu Click to open Menus
Home » Keluarga » Penyebab Bau Mulut & Cara Menghilangkannya. Info Dan Tips Untuk Pria & Wanita

Penyebab Bau Mulut & Cara Menghilangkannya. Info Dan Tips Untuk Pria & Wanita

(2194x Dibaca) August 10, 2017 12:17 pm | Published by | No comment

bau-mulut1

Bulan suci Ramadhan tentunya waktu yang tepat bagi umat muslim untuk meningkatkan amal ibadahnya, salah satunya melalui ibadah puasa. Puasa Ramadhan merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun demikian, untuk meningkatkan amal ibadah melalui puasa, seringkali kita menghadapi permasalahan, misalnya bau mulut.

Kita pastinya menginginkan puasa berjalan lancar, tanpa bau mulut mengganggu aktivitas. Bagaimana jadinya jika anda sudah capek berdandan dengan sempurna namun bau mulut begitu menyengat saat puasa. Tentunya sangat mengganggu aktivitas dan komunikasi kita dengan teman ataupun rekan kerja kita bukan?

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Namun sebelum kita mengupas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan bau mulut saat puasa, ada baiknya kita mengetahui penyebab bau mulut saat puasa.

Faktor Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut dalam istilah medis disebut dengan Halitosis yaitu gangguan yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah bau mulut, telah banyak produk pengharum dan penyegar nafas. Pengharum dan penyegar nafas tersebut tentunya tidak bisa dipakai selagi puasa, karena dapat membatalkan niat puasa. Selain itu produk pengharum dan penyegar nafas sebenarnya tidak dapat mengatasi permasalahan anda, produk tersebut hanya menyamarkan bau mulut sehingga bau mulut hanya terselesaikan dalam waktu yang pendek. Cara menghilangkan bau mulut saat puasa akan berjalan efektif jika anda mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab bau mulut saat puasa.

1. Penyebab Bau Mulut Karena Kurangnya Produksi Saliva (Air Liur)

Ketika berpuasa, produksi saliva berkurang karena tidak ada gerakan mengunyah. Gerakan mengunyah tersebut menstimulasi produksi saliva (air liur), dimana dalam keadaan normal diekskresi sebanyak 1-1,5 liter/hari.

Saliva berfungsi membantu menelan makanan, selain itu saliva berfungsi membunuh bakteri yang masuk dalam mulut. Karena selama puasa, produksi saliva berkurang maka bakteri berkembang lebih pesat. Bakteri tersebut akan memetabolisme karbohidrat sehingga menghasilkan senyawa sulfur atau yang biasa disebut VSC (Volatile Sulfur Compound), gas inilah yang menyebabkan bau mulut.

Saliva juga memiliki efek self-cleansing, yaitu membilas sisa makanan didalam mulut dan membuatnya tertelan. Berkurangnya produksi saliva membuat sisa makanan saat sahur yang tertinggal di permukaan lidah atau sela gigi mengalami pembusukan sehingga menyebabkan bau mulut.

2. Penyebab Bau Mulut Karena Kebersihan Gigi dan Lidah Yang Kurang Terjaga

Gigi dan lidah merupakan bagian vital dalam mulut, mereka berperan aktif ketika kita makan. Pada saat makan sahur, sisa makanan yang tertinggal dalam gigi dan lidah dapat memicu perkembangbiakan bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

3. Penyebab Bau Mulut Karena Makanan

Makanlah makanan sehat saat berbuka dan sahur, jangan mengkonsumsi makanan seperti jengkol, petai, bawang merah dan putih saat sahur karena makanan tersebut memiliki aroma tajam dan menimbulkan bau mulut.

4. Penyebab Bau Mulut Karena Konsumsi Alkohol dan Rokok

Orang yang mengkonsumsi alkohol dan juga perokok biasanya akan berpotensi besar memiliki bau tidak sedap. Selain rokok dan alkohol tidak baik untuk kesehatan juga akan memengaruhi kebersihan mulut secara signifikan.

5. Penyebab Bau Mulut Karena Penyakit dan Penggunaan Obat

Penyebab bau mulut juga bisa dikarenakan konsumsi obat atau adanya penyakit. Jagalah selalu kesehatan mulut dan konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan tes Halimeter yaitu tes untuk mengukur tingkat bau mulut dan menjelaskan penyebabnya dengan cukup akurat. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan bau mulut adalah :

  1. Diabetes
  2. Maag
  3. Sakit gigi, karang gigi dan infeksi gusi
  4. Penyakit saluran pernafasan
  5. Penyakit saluran pencernaan

Itulah faktor penyebab bau mulut saat puasa. Dengan mengetahui penyebab bau mulut saat puasa tersebut anda dapat melakukan cara menghilangkan bau mulut saat puasa.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang dapat anda lakukan.

1. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Membersihkan Gigi dan Lidah

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Membersihkan Gigi

Tidak hanya gosok gigi, gosok lidah juga mengurangi bau mulut saat puasa. Menggosok gigi dan lidah dapat membersihkan mulut dari sisa makanan untuk mencegah sisa makanan tersebut membusuk dan berbau. Selain menggosok gigi, anda juga dapat menggunakan benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut. Setelah membersihkan gigi gunakan obat kumur (mouthwash) antiseptik untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa dengan membersihkan lidah

Seusai sahur, sikatlah gigi dan lidah secara sempurna agar rongga mulut dan gigi anda bersih. Sebagai tambahan, gunakan siwak untuk membersihkan gigi dan lidah. Penelitian membuktikan bahwa siwak (atau miswak, sewak) sangat efektif untuk membersihkan mulut, dan tentu saja ini juga dianjurkan oleh Nabi SAW. Kini siwak digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk yang berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan mulut.

2. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menghindari Makanan Berbau Menyengat

Saat berbuka terutama saat sahur, hindarilah makanan berbau menyengat seperti jengkol, petai, bawang merah dan putih karena menyebabkan bau mulut.

3. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menghindari Makanan Lengket

Saat sahur, hindari konsumsi makanan yang lengket pada gigi anda seperti biskuit, coklat, es krim dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.

4. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menghindari Alkohol dan Rokok

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menghindari Alkohol dan Rokok

Hindarilah rokok saat sahur karena bau rokok yang tertinggal pada mulut akan susah dihilangkan. Jika anda tetap merokok, usahakan menggosok gigi setelahnya kemudian bilas dengan mouthwash antiseptik. Begitu juga dengan alkohol, selain bertentangan dengan agama, alkohol juga menyebabkan bau mulut.

5. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Minum Air Putih

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Minum Air Putih

Untuk menghindari bau mulut, anda juga dapat minum air putih saat berbuka dan sahur. Minum air putih saat sahur dapat mencegah mulut kering saat siang hari selain itu juga dapat meningkatkan produksi saliva (air liur) yang berfungsi membunuh bakteri yang masuk dalam mulut.

6. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Konsumsi Makanan Berserat

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Konsumsi Makanan Berserat

Perbanyaklah makan makanan berserat ketika berbuka dan sahur. Makanan berserat akan membuat gerak pada rongga mulut sehingga gigi akan banyak mengunyah dan meningkatkan produksi saliva. Saliva tersebut berfungsi selain membantu menelan juga membunuh bakteri pada mulut. Makanan berserat diantaranya adalah sayur dan buah-buahan. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka dan bangkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air. Jenis buah yang bisa membantu cara menghilangkan bau mulut adalah salah satunya apel dan buah stroberi.

7. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menghindari Tidur Terlalu Lama

Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

8. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Minum Teh

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Minum Teh

Zat polyphenol yang terdapat pada teh dan zat Catechin pada teh hijau berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Selain itu zat Catechin juga dapat menghapus gula dan plak gigi yang menyebabkan bau mulut.

9. Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dengan Cengkeh dan Biji Adas

Saat puasa, anda juga dapat melakukan cara menghilangkan bau mulut secara alami menggunakan cengkeh, adas dan juga biji adas. Setelah sahur dan berbuka, kunyahlah cengkeh atau adas dan biji adas. Karena bahan-bahan herbal tersebut bisa membantu membuat nafas menjadi lebih segar lagi.

 

Itulah cara menghilangkan bau mulut saat puasa, apabila bau mulut masih menyengat, sebaiknya konsultasikan pada dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

1. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Konsultasi Dokter Gigi

Jika pada saat puasa, anda memiliki masalah dengan gigi anda, sebaiknya periksakan pada dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa penyebab bau mulut dan sakit gigi anda, apakah karena karies, atau kalkulus, atau karena sebab lain. Karies yang terdeteksi dini dapat segera ditambal. Bila tidak ditanggulangi segera, lubang gigi juga dapat berkontribusi terhadap bau mulut tak sedap karena mudah terselip makanan.

Selain itu, dokter gigi juga akan membersihkan kalkulus (karang gigi) yang biasanya terdeposit di daerah leher gigi. Karang gigi adalah plak yang tidak dibersihkan secara seksama sehingga lama kelamaan akan mengeras karena endapan mineral dari saliva. Kalkulus juga merupakan tempat pertumbuhan bakteri, terutama kalkulus yang letaknya di bawah gusi. Bakteri anaerob ini menghasilkan senyawa sulfur (VSC), gas inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

2. Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa Dengan Menyembuhkan Penyakit

Seperti disebutkan diatas, bau mulut dapat disebabkan penyakit tertentu misalnya diabetes melitus, gangguan saluran pencernaan dan pernafasan, maag dan gangguan hati. Bau mulut karena gangguan kesehatan tersebut bersifat lebih spesifik. Saat produksi asam lambung meningkat, mulut penderita akan mengeluarkan bau mulut yang khas. Selain itu, infeksi di daerah hidung atau sinus juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut yang kurang sedap. Mulut penderita diabetes biasanya berbau keton. Bau mulut karena keadaan patologis ini biasanya tidak akan hilang bila gangguan kesehatan yang menyebabkannya tidak diatasi.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa yang dapat anda lakukan dengan mudah. Semoga dengan beberapa cara menghilangkan bau mulut saat puasa diatas, masalah bau mulut anda dapat terselesaikan dan tidak mengurangi kekhusukan saat ibadah puasa.

 

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: , , | 2194x Dibaca

No comment for Penyebab Bau Mulut & Cara Menghilangkannya. Info Dan Tips Untuk Pria & Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *