Menu Click to open Menus
Home » Seputar Dapur » Apakah Ikan Tongkol Dapat Menyebabkan Alergi Gatal-gatal ? Simak Ulasannya..

Apakah Ikan Tongkol Dapat Menyebabkan Alergi Gatal-gatal ? Simak Ulasannya..

(1187x Dibaca) February 11, 2018 12:17 pm | Published by | 1 Comment

ikan-tongkol-dapat-menyebabkan-alergi-gatal-gatal

Ikan tongkol memang dapat menyebabkan alergi. Alergi adalah keadaan kepekaan yang berlebihan terhadap suatu zat atau keadaan. Pada orang-orang tertentu, tubuh mereka mengganggap senyawaan tersebut sebagai benda asing dan memberikan reaksi yang berlebihan. Alergi yang ringan merupakan hal yang umum terjadi.

Senyawaan yang dapat menyebabkan reaksi alergi disebut alergen. Bahan penyebab alergi dapat terkandung dalam makanan, obat, serbuk sari bunga dan bahan tertentu lainnya. Alergi sering dicetuskan oleh keadaan stres, udara lingkungan terlalu panas atau sebaliknya, paparan sinar matahari dan lain-lain. Ia termasuk ke dalam reaksi hipersensitif yang ringan.

Bahan makanan yang mengandung protein tertentu dapat bersifat sebagai alergen, seperti ikan, udang, ayam, kacang-kacangan; juga bumbu-bumbuan, bahan pewarna buatan maupun alami, dan bahan makanan tambahan lainnya.

Ada anggapan keliru sebagian masyarakat, karena mengetahui ikan tongkol dapat menyebabkan alergi, mereka menghindari memakannya padahal mereka tidak alergi terhadap ikan tongkol.

Mulailah dengan jumlah kecil

Tak perlu khawatir yang berlebihan akan timbulnya reaksi alergi bila mengonsumsi ikan tongkol. Mengonsumsi makanan yang bervariasi lebih sehat dibandingkan mengonsumsi yang itu-itu saja.

Bila tidak pernah makan ikan tongkol, jangan khawatir untuk mulai mengonsumsinya. Mulailah dengan jumlah kecil terlebih dahulu, bila tidak timbul gejala alergi, itu berarti tidak masalah.

Perlu dicermati apakah ikan tongkol yang dikonsumsi berasal dari ikan yang masih segar atau bukan. Sebab, ada kemungkinan ikan yang dimakan sudah busuk atau tidak segar lagi. Untuk keadaan ini alergi dapat ditimbulkan karena terbentuknya senyawaan baru yang bersifat alergen. Bila mengonsumsi ikan tongkol segar masih menimbulkan reaksi alergi, hindari mengonsumsinya lagi.

Obat alergi

Obat untuk menanggulangi timbulnya gatal-gatal karena reaksi alergi adalah dari golongan antihistamin dan atau hormon kortikosteroid. Umumnya obat-obat ini hanya dapat dibeli dengan resep dokter dan ada beberapa jenis yang dapat diserahkan oleh apoteker di apotek tanpa resep dokter.

Sejauh ini belum ada obat yang menuntaskan penyebab alergi ini sampai sembuh. Obat-obat yang ada, hanya untuk menghilangkan gejala bila timbul serangan atau mengurangi tingkat keparahan.

Upaya untuk mengurangi kemungkinan timbulnya atau meringankan gejala alergi adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan melalui gaya hidup sehat, makanan bergizi, cukup vitamin dan mineral.

Sumber : Fakultas Farmasi Universitas Andalas

Jangan lupa di share ya..

Tags: , , , ,
Categorised in: | 1187x Dibaca

1 Comment for Apakah Ikan Tongkol Dapat Menyebabkan Alergi Gatal-gatal ? Simak Ulasannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *