Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan Wanita » Dietlah Dengan Cara Yang Aman, Nyaman Dan Sehat, Bisa Dicoba Dengan Aneka Jus Sehat Ini ! — Dunia Sehat

Dietlah Dengan Cara Yang Aman, Nyaman Dan Sehat, Bisa Dicoba Dengan Aneka Jus Sehat Ini ! — Dunia Sehat

(2508x Dibaca) January 10, 2018 6:25 am | Published by | No comment

Detoksifikasi adalah proses metabolisme untuk membuang kotoran, racun, serta berbagai macam zat asing berbahaya yang tersimpan dalam tubuh. Zat-zat tersebut berasal dari makanan yang dikonsumsi, minuman bersoda, dan lingkungan sekitar seperti polusi udara.

2016-01-04_182226

Cara detoksifikasi dengan buah yang paling aman, mudah sekaligus menyenangkan yaitu melalui olahan minuman jus buah. Selain rasanya enak dan segar, olahan jus buah untuk detoksifikasi kaya akan enzim sehingga proses pembuangan racun bisa berjalan dengan optimal.

detoksifikasi dengan jus buah
Olahan jus buah untuk detoksifikasi tubuh (WS Hendro/Jawa Pos)

Terapi jus sehat sangat cocok digunakan sebagai metode detoksifikasi, terlebih bagi Anda yang sedang diet. Proses pembersihan organ usus, hati, maupun organ lain akan memperbaiki sistem pencernaan dan mengoptimalkan metabolisme. Efeknya, racun (toxin) akan berkurang dan penyerapan gizi akan lebih optimal. Kuncinya, rajin minum jus detoksifikasi selama 3 hari sampai 14 hari.

Selain buah, bahan alami untuk detox yaitu habbatussauda (jinten hitam), sayuran, jahe, dan kayu manis. Menu detoksifikasi berbahan buah-buahan umumnya dicampur dengan sayuran seperti wortel, brokoli, daun mint, bahkan paprika merah.

Selain bermanfaat untuk diet, jus detox juga baik diminum oleh orang yang sedang sakit. Karena kandungan nutrisi, vitamin, dan enzim berlimpah di dalamnya mampu memperbaiki daya tahan tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Agar proses pengeluaran racun dalam tubuh bisa berjalan lancar, Anda harus tahu cara detoksifikasi dengan buah yang benar, yaitu :
Kurangi (jika bisa hindari) konsumsi junk food, makanan cepat saji, dan minuman bersoda.
Lebih baik minum air putih daripada minum teh, kopi, minuman berkarbonasi atau sejenisnya.
Konsumsi air putih maupun makanan lain minimal 30 menit setelah meminum jus detoksifikasi agar penyerapan enzim buah bisa maksimal.
Hindari penggunaan air putih, es batu, gula, maupun garam dalam membuat minuman jus sehat.
Usahakan menggunakan mesin juice extractor atau juicer (bukan blender). Jika tidak ada, Anda bisa memarut bahan baku kemudian menyaringnya.
Jenis bahan buah untuk detoksifikasi yang direkomendasikan adalah alpukat, anggur, apel, buah bit, jeruk, pepaya, semangka, dan stroberi.

Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membuat minuman detox menggunakan bahan buah dan sayur hanya diambil sarinya. Sedangkan ampasnya dibuang atau tidak dimanfaatkan. Inilah yang membedakan jus detox dengan olahan jus sehat lainnya.

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: , | 2508x Dibaca

No comment for Dietlah Dengan Cara Yang Aman, Nyaman Dan Sehat, Bisa Dicoba Dengan Aneka Jus Sehat Ini ! — Dunia Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *