Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan Wanita » Resep Ekstrak Pandan Wangi, Dengan Khasiat Yang Lebih Alami Dan Aroma Wangi Yang Sangat Kuat — Dunia Wanita

Resep Ekstrak Pandan Wangi, Dengan Khasiat Yang Lebih Alami Dan Aroma Wangi Yang Sangat Kuat — Dunia Wanita

(7839x Dibaca) October 11, 2017 12:21 pm | Published by | No comment

Secara praktisnya, aroma wangi pandan bisa diperoleh dari penggunaan pasta atau esens pandan. Tetapi apabila anda memiliki tanaman pandan di rumah akan lebih baik jika memanfaatkannya. Selain lebih alami, aromanya juga lebih kuat. Berikut adalah tips dan cara membuatnya berdasarkan pengalaman pribadi.

2015-12-18_172709
Peralatan dan Bahan: 
20 lembar daun pandan tua, potong-potong, bersihkan. Bila ingin warnanya lebih pekat lagi, tambahkan 5 lembar daun suji. Tetapi bagi saya daun pandan saja sudah cukup menarik warnanya.
Air secukupnya
Blender
Saringan
Gelas
Plastik segitiga atau plastik kaca

    Ekstrak yang diinapkan beberapa jam (ditandai panah)
 Keesokan harinya (setelah semalaman) diperoleh ekstrak yang pekat.

Cara membuat:
1. Masukkan daun pandan ke dalam tabung blender, tambahkan sedikit air. Blender hingga halus.
2. Peras dan saring airnya, masukkan jus pandan ke dalam plastik segitiga. Ikat bagian atasnya.
3. Letakkan di dalam gelas dengan posisi berdiri, bagian runcing plastik dibagian dasar gelas. Biarkan semalaman di dalam kulkas.
4. Keluarkan, anda akan melihat ekstrak pandan yang paling hijau mengendap pada bagian bawah plastik, volumenya memang hanya sekitar 4 – 5 sdm, tetapi ekstrak yang sedikit inilah yang akan memberikan aroma yang kuat pada kue.
5. Bila ingin mengeluarkannya, cukup gunting sedikit ujung plastik dan tampung aliran ekstrak. Hentikan dan tutup ujung plastik bila semua ekstrak yang paling hijau tersebut telah keluar.
Cara mudah lainnya adalah dengan memasukkan jus pandan yang telah diinapkan semalaman tadi ke dalam freezer dengan posisi ujung plastik di bagian bawah. Setelah beku potong dan ambil ekstrak bagian warna paling hijau, tunggu hingga mencair pada suhu ruang. Siap dipakai.

Selamat Mencoba!

  • Obat alami penambah nafsu makan
    Untuk membuat obat herbal penambah nafsu makan, sediakan 2 lembar daun tanaman pandan kemudian rebus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa 1 gelas, tambahkan madu atau gula sebagai pemanis. Agar manfaat daun pandan diserap secara maksimal, minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari.
  • Menurunkan darah tinggi
    Khasiat daun pandan wangi untuk menurunkan darah tinggi bisa anda peroleh dengan membuat ramuan alami 2 lembar daun tumbuhan pandan yang direbus memakai 2 gelas air. Minum setiap pagi dan sore hari supaya darah tinggi anda kembali normal.
  • Obat herbal rematik dan pegal linu
    Sediakan 3 lembar daun pandan wangi lalu iris tipis-tipis, seduh dengan 1/2 gelas minyak kelapa yang sudah dipanasi. Kemudian aduk sampai daun menjadi layu dan tunggu hingga dingin. Campurkan ramuan tadi dengan minyak kayu putih secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena rematik atau pun pegal linu.
  • Menenangkan rasa gelisah dan obat galau
    Manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk membuat ramuan tradisional penenang pikiran. Saat anda merasa gelisah, Siapkan 3 lembar daun ini kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan segelas air panas dan tambahkan 1 sendok teh madu manis, minum ramuan selagi hangat. (*berbagaisumber)

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: , | 7839x Dibaca

No comment for Resep Ekstrak Pandan Wangi, Dengan Khasiat Yang Lebih Alami Dan Aroma Wangi Yang Sangat Kuat — Dunia Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *