Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan Wanita » Cara Memilih, Menyimpan Dan Mengolah Asparagus, Serta Saran Penyajian -Dunia Wanita

Cara Memilih, Menyimpan Dan Mengolah Asparagus, Serta Saran Penyajian -Dunia Wanita

(2186x Dibaca) August 10, 2017 6:24 pm | Published by | 1 Comment

Memilih Dan Mengolah Asparagus

Asparagus yang baik berwarna hijau terang dengan pucuk yang tertutup. Pilih yang ujung pangkalnya tidak kering.

Pilih batang asparagus dengan ketebalan yang sama sehingga saat dimasak akan matang bersamaan (tidak ada yang terlalu layu atau terlalu keras). Tebal tidak mempengaruhi kualitas. Jika pucuknya  sedikit layu, anda bisa merendam mereka dalam air dingin sehingga Nampak segar kembali.

Namun sebaiknya hindari asparagus yang sudah nampak layu, ini berarti tidak baru dipetik, dan itu tidak akan terasa enak setelah dikukusHindari asparagus yang telah berubah warna seperti memar.
karna, teksturnya akan sama seperti asparagus segar.

Cuci asparagus sama seperti anda membersihkan sayuran lainnya.

Setelah bersih, potong asparagus tersebut, pastikan anda mengambil  bagian atas dari batang asparagus.
Penyimpanan asparagus segar adalah sesuatu yg penting. Asparagus segar harus disimpan dalam lemari es sebelum digunakan. Bungkus dengan kertas basah di sekitar ujung batang dan tempatkan dalam lemari es. Jaga kelembaban asparagus segar sampai Anda berniat untuk menggunakannya.

  • Asparagus beku:

Simpan asparagus beku dalam freezer sampai Anda siap menggunakannya. Jangan panasi asparagus sebelum memasak. Jika asparagus dipanaskan, maka anda harus memasaknya secepat mungkin.Jangan membekukan ulang! Pastikan Anda menggunakan asparagus dalam waktu delapan bulan.

  • Asparagus kalengan:

Simpan asparagus kalengan di tempat yang sejuk dan kering.

Saran Penyajian Asparagus

Cobalah Asparagus segar dengan jus lemon.

Daun bawang, peterseli, seledri, rempah-rempah tarragon atau lelehkan mentega dan tuangkan di atas Asparagus.

Krim asam, yogurt, dan mayones adalah topping yang mudah dibuat.

Untuk pure kentang, sup atau salad, hancurkan atau potong tombak Asparagus di bagian lembut dan gunakan ujung yang dipotong yang mungkin Anda buang.

Masukkan ke dalam panci, tutup dan rebus sampai lunak.

Saring (dengan ditekan-tekan hingga hancur) atau masukkan dalam food processor atau blender. Gunakan sebagai pure kentang atau campuran dengan air rebusan untuk sup, semur atau saus.
Memanggang adalah cara mudah mengolah asparagus, tusuk-tusuk bagian yang mirip tombak dengan tusuk sate dengan susunan yang unik agar penampiilan makanan jadi lebih cantik.
Tips dan Waktu Memasak:

  • Bila Dimasak dengan Panci atau Steamer:

Masak asparagus segar dengan sedikit air, rebus sampai empuk. Asparagus segar akan matang sempurna selama 5 sampai 8 menit perebusan.

  • Bila Dimasak Menggunakan Wajan:

Tempatkan strip aluminium yang dilipat di bagian bawah sampai sisi panci dan meluas ke tepi. Rebus asparagus, tutup wajan, tunggu hingga menjadi renyah-lunak, kurang lebih 3 sampai 5 menit. Gunakan strip foil untuk mengangkat rebusan asparagus ke piring saji dengan hati-hati.

  • Bila Dimasak Dengan Perebus Ganda atau Penyaring Kopi:

Kukus asparagus dalam posisi tegak, ikat asparagus menjadi satu tangkai menggunakan sebuah band foil atau string (pakai alat yang biasa digunakan untuk memasak). Tegakkan tangkai dalam double boiler atau penyaring kopi dengan tips memperpanjang satu inci atau lebih di atas air garam yang mendidih. Tutup dan masak sampai lunak, 5 sampai 8 menit.

Microwave:

  • Asparagus Segar:

Microwave asparagus segar dengan menempatkan 1 pon asparagus dalam loyang microwave atau mangkuk saji. Jika memasak seluruh bagian asparagus, atur pucuk asparagus di tengah. Tambahkan sekitar 1 / 4 gelas air dan tutup rapat. Masak dengan tingkat 100% selama 4 sampai 7 menit untuk tombak, 3 sampai 5 menit untuk potongan asparagus dan pucuk asparagus.
Asparagus beku:
Masukkan asparagus ke Microwave, tempatkan dalam loyang ditutupi dengan 2 sendok makan microwave air. Masak di 100 daya% untuk 4 sampai 7 menit, aduk sesekali atau tata ulang posisi asparagus.

  • Asparagus kalengan:

Tiriskan semua dan hanya sisakan 1 sendok makan kuahnya, dan masak di microwave dengan daya pancar 100% selama 2 sampai 4 menit, aduk sekali di tengah- tengah proses memasak. (*wm)

  • Membuat Sup Kepiting Asparagus :

asparagus

Bahan:

4 ekor kepiting

1 liter air kaldu ayam

3 sdm margarin

1 butir bawang bombay, cincang halus

2 sdm garam

1 sdt merica bubuk

1 sdt penyedap jika suka

  1. 2 sdm tepung maizena, larutkan dengan 50 ml air
  2. 200 gram asparagus kalengan, tiriskan
  3. 1 butir telur, kocok lepas

Cara Membuat:

  1. Rebus kepiting dalam air mendidih sampai matang. Angkat, tiriskan keluarkan daging kepiting, sisihkan.
  2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai harum lalu masukkan daging kepiting, garam, merica dan penyedap jika suka.
  3. Didihkan air kaldu, lalu masukkan tumisan kepiting. Tambahkan maizena, aduk sampai kaldu mengental. Masukkan asparagus dan telur, aduk sampai rata. Angkat Dan Sajikan..

Simak Informasi Lainnya Di : Makanan Sehat

Jangan lupa di share ya..

Categorised in: | 2186x Dibaca

1 Comment for Cara Memilih, Menyimpan Dan Mengolah Asparagus, Serta Saran Penyajian -Dunia Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *